Wednesday, September 19, 2012

LIRIK LAGU "KERAMAT" KARYA RHOMA IRAMA YANG PENUH MAKNA

Rhoma Irama adalah musisi, pencipta lagu, dan bintang film yang terkenal di Indonesia, khususnya dibidang musik dangdut. Adalah Rhoma Irama yang mengangkat musik dangdut dari musik yang dianggap "kampungan" menjadi musik yang disukai oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Sehingga sangatlah layak kalau Rhoma Irama diberi gelar Raja Dangdut. Musik dan lagu lagu dangdut Rhoma Irama sangat enak didengar sehingga hampir semua lagu lagunya menjadi hits di tahun 80an dan 90an. Sampai sekarang pun lagu lagu Bang Haji, (demikian beliau sering di sebut) masih sering dinyanyikan penyanyi penyanyi muda. Ratusan atau mungkin bahkan ribuan lagu telah dia ciptikan. Lirik lagu lagu Rhoma Irama sarat dengan nilai nilai luhur kehidupan masyarakat, nilai nilai agama, nilai nilai pendidikan dan kebangsaan. Seperti halnya musisi musisi dari genre musik lainnya, Rhoma Irama juga menciptakan lagu tentang cinta. Namun demikian, lagu lagu cinta karya rhoma irama tidak vulgar bahkan sangat menyentuh jiwa dan enak didengar. Salah satu lirik lagu karya Rhoma Irama yang sangat penuh pendidikan adalah "Keramat". Perhatikan liriknya berikut ini:


Hai manusia, hormati ibumu
Yang melahirkan dan membesarkanmu

Darah dagingmu dari air susunya
Jiwa ragamu dari kasih-sayangnya
Dialah manusia satu-satunya
Yang menyayangimu tanpa ada batasnya

Doa ibumu dikabulkan Tuhan
Dan kutukannya jadi kenyataan
Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkanya

Bila kau sayang pada kekasih
Lebih sayanglah pada ibumu
Bila kau patuh pada rajamu
Lebih patuhlah pada ibumu

Bukannya gunung tempat kau meminta
Bukan lautan tempat kau memuja

Bukan pula dukun tempat kau menghiba
Bukan kuburan tempat memohon doa
Tiada keramat yang ampuh di dunia
Selain dari doa ibumu jua

Lirik lagu yang berjudul "Keramat" di atas sangat meninggikan derajat wanita, yang merupakan ibu manusia. Dalam ajaran agama Islam, kedudukan ibu sangatlah tinggi, sampai sampai ketika Nabi Muhammad ditanya oleh sahabat, "siapa yang harus dihormati?" Nabi menjawab, ibumu, lalu sahabat bertanya lagi, lalu siapa? maka jawab nabi, Ibumu, sahabat bertanya lagi lalu siapa?" jawab nabi ibumu, sahabut pun masih bertanya lagi lalu sipa,? jawab nabi ayahmu. Nah jelaslah bahwa kedudukan wanita sangat tinggi, sampai sampai perbandingan nya adalah 3: 1 dengan pria. 

Rupanya Rhoma Irama terilhami oleh ajaran nabi Muhammad dalam menciptakan lagu "Keramat" tersebut. Rhoma Irama mengingatkan kepada kita semua harus menhormati Ibu, karena ibu yang mengandung dengan susah payah selama 9 bulan, kemudian bertaruh nyawa melahirkan kita, dan menyusui selama dua tahun dengan penuh kasih sayang serta mengasuh kita sampai dewasa. Kadang kita lupa bahwa kita punya sesuatu yang keramat di rumah kita yang doanya dikabulkan oleh Tuhan yaitu ibu, sehingga kita sering pergi ke dukun, atau tempat tempat keramat seperti gunung untuk minta doa agar tujuan kita tercapai, padahal itu bertentangan dengan ajaran agama, maka lagu ini mengingatkan kita agar tidak bosan bosannya meminta doa kepada ibu kita. 

Inilah pelajaran yang dapat kita petik dari lirik lagu yang berjudul "Keramat" karya Rhoma Irama.


2 comments: